DRISHOP

Kategori

franchise kopi terlaris

17 Franchise Kopi Terlaris di Indonesia, Cocok Untuk Bisnis Tahun 2024

Sudahkah kamu memiliki pandangan untuk tahun 2024 besok? Apakah kamu akan mengubah nasibmu dengan membuka sebuah usaha baru? Mungkin itu yang dipikirkan sebagian besar dari kita sekarang ini sambal menyeruput segelas kopi. Membangun bisnis sendiri dan memiliki karyawan memang sebuah hal yang menantang sekali untuk dilakukan. Jika untung akan untung besar, jika rug iya harus bagaimana caranya untuk memutar otak agar bisnis bisa survive.

Coba lihat kopimu lagi, mungkin bisnis join kemitraan atau waralaba kopi terdengar sangat menguntungkan bukan? Jika memang kamu tertarik dengan franchise kopi dan ingin tahu apa saja rekomendasi franchise kopi yang cocok untuk bisnis di tahun 2024, kamu perhatikan baik-baik beberapa rekomendasi franchise kopi terlaris di artikel ini!

Rekomendasi Franchise Kopi Terlaris di Indonesia

Daripada hanya menjadi penikmat, mending juga menjadi pebisnis. Itulah sebagian besar mindset orang yang ingin sukses. Dan kamu sebagai penikmat kopi, menjadi pebisnis kopi dengan menjadi mitra salah satu franchise kopi di bawah ini juga adalah peluang suksesmu.

Apa saja franchise kopi terlaris di Indonesia sekarang ini? Berapa harganya? Yuk cari tahu!

Kopi Kenangan

Yang pertama sudah jelas franchise kopi terlaris adalah Kopi Kenangan. Kopi Kenangan merupakan salah satu franchise kopi cepat saji dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. Ide Kopi Kenangan dimulai di tahun 2017 karena para pendiri memiliki misi untuk menyebarkan kecintaan mereka terhadap kopi Indonesia sebagai merek lokal dari Indonesia ke seluruh dunia.

Kopi Kenangan memang tidak membuka sistem franchise untuk bekerjasama. Namun, sang owner Edward Tirtanata menuturkan jika ada kerjasama dalam bentuk saham. brand kopi kekinian ini ternyata sudah berhasil meraih pendanaan Seri C Tahap pertama senilai US$96 juta atau kurang lebih Rp1,3 triliun. Itu menjadikan Kopi Kenangan adalah bisnis unicorn pertama dalam bentuk kopi kekinian.

Kopi Janji Jiwa

Yang kedua adalah Kopi Janji Jiwa. Sebuah coffee shop juga yang menawarkan kopi kekinian sejak tahun 2018 ini membuka dengan luas kemitraan dalam bentuk franchise. Masih ada banyak slot untuk franchise, jadi kamu jangan khawatir untuk tidak kebagian jatah pembukaan franchise Kopi Janji Jiwa.

Selain itu, pembukaan franchise baru juga akan dibantu dengan maksimal oleh pihak Kopi Janji Jiwa agar mendapatkan omset yang tinggi.

Untuk harga franchise Kopi Janji Jiwa yang dipatok manajemen yakni Rp 85 juta rupiah untuk branding lisensi dan perlengkapan. Dan secara keseluruhan, bisa berkisar antara Rp 150 juta sampai dengan Rp 200 juta rupiah. Dengan harga itu, mitra Kopi Janji Jiwa menerima fasilitas sewa tempat untuk usaha, karyawan, dan dukungan promosi secara penuh.

Kopi Kulo

Siapa yang tidak tahu Kopi Kulo? Gerai kopi kekinian yang sudah ada sejak tahun 2017 ini menyajikan kopi dengan konsep kekinian yang sangat berani dengan menu-menunya yang bisa terbilang unik. Kombinasi jus alpukat, espresso, dan juga es krim adalah menu andalannya.

Sayangnya, untuk kemitraan dalam bentuk waralaba Kopi Kulo ini tidak ada kejelasan yang dimuat di websitenya. Namun, menurut berbagai sumber, mengatakan bahwa untuk franchise Kopi Kulo ini memiliki investasi awal Rp 125 juta sampai Rp 155 juta.

Kopi Lain Hati

Mau yang lebih menguntungkan? jika kemitraan dalam bentuk franchise, pasti ada yang namanya franchise fee atau pun royalty fee setiap bulannya. Ada pilihan Kopi Lain Hati yang tidak mematok sama sekali semua itu. Bisnis 100% penjualan adalah milik kamu!

Sudah ada di 115 kota di seluruh Indonesia dan 525 outlet yang beroperasi, Kopi Lain Hati masih membuka peluang sukses untuk kamu. Paket franchise Kopi Lain Hati dimulai di angka Rp 77 juta sampai dengan Rp 338 juta.

Kopi Tuku

Kopi Tuku adalah pilihan franchise kopi selanjutnya yang bisa menjadi prospek bisnis kopi kekinian yang bagus di tahun 2024. Kopi Tuku memang sempat viral pada saat presiden Jokowi membeli Kopi Susu Tetangga yang menjadi menu andalan di Kopi Tuku. Sampai sekarang ini, mulai di tahun 2015 Kopi Tuku berkembang pesat dalam menjalankan bisnisnya.

Namun, sayangnya untuk franchise mereka tidak membukanya. Tapi, peluang bisnis masih ada dengan kamu menjadi investor dengan menanamkan modal pada kedai ini.

Kopi Ruang Kosong

Jika kamu tertarik dengan franchise yang memberikan lisensi kemitraan seumur hidup, Kopi Ruang Kosong adalah pilihan yang paling tepat. Selain itu, tidak ada yang namanya royalty fee yang membuat Kopi Ruang Kosong ini adalah salah satu yang paling menguntungkan daripada franchise kopi yang lain.

Masih kurang? Kemitraan dalam bentuk franchise Kopi Ruang Kosong sangat murah, yaitu di bawah Rp 20 juta. Ini wajar, karena mereka sistemnya booth. Tapi, booth yang digunakan adalah booth yang premium. 

Paket franchisenya ada dua, paket New Portable dengan harga Rp 8,3 juta dan Booth dengan harga Rp 12,56 juta.

Kopi Nyopee

Es Kopi Nyopee tampaknya telah cukup diterima oleh masyarakat. Ini menonjol dari sebagian media yang telah meliputnya. Selain itu, Kopi Nyopee juga telah meraih penghargaan “The Best Business Opportunity To Invest 2020” dan “The Most Promising Brand 2020” menurut berita yang ada di website resmi mereka.

Ada 3 paket yang ditawarkan untuk kamu, yaitu, paket Juragan seharga Rp 14 juta, paket Tajir seharga Rp 11 juta, dan paket Kaya seharga Rp 10 juta. Harga itu adalah harga normal, tapi jika kamu lihat di website resminya, ada diskon semuanya!

Setelah berhasil menjadi mitranya, kamu juga akan didukung dengan adanya aplikasi khusus mitra Nyopee. Kamu akan menerima informasi yang berkaitan dengan promo dan produk-produk Nyopee dari aplikasi itu.

Kopi Yor

Outlet Kopi Kopi Yor sudah ada sejak tahun 2018. Walaupun masih terbilang usahanya baru, siapa sangka Koipi Yor sudah memiliki banyak gerai yang bukan hanya di pulau Jawa saja, tapi di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, bahkan yang paling jauh ada di Ambon.

Es Kopi Yor adalah menu andalan yang seringkali di pesan oleh banyak pengunjung yang datang. Konsepnya memang kekinian, jadi tidak heran jika market dari Kopi Yor adalah anak muda.

Sayangnya, tidak ada informasi resmi yang membahas tentang berapa harga franchise Kopi Yor. Tetapi, kamu bisa menghubungi pihak management Kopi Yor yang berkaitan dengan franchise di:

  • Ghina: 0877-8009-0943
  • Sella: 0856-9190-9045
  • Email: kopiyor.indo@gmail.com

Kopa Kopi

Selanjutnya, ada Kopa Kopi. Franchise ini menawarkan peluang usaha kopi dengan harga murah namun untuk masalah produk dari berbagai menunya dibuat dengan kualitas yang tinggi. Selain itu, ada pula beberapa keuntungan yang akan didapat mitra Kopa Kopi di antaranya:

  1. SOP (Standard Operational Procedure) yang ada mudah dipahami calon mitra.
  2. Harga franchise yang terjangkau. Begitupun dengan bahan bakunya. Profit yang dihasilkan pun bisa tinggi.
  3. Tidak ada royalty fee yang dipungut. Artinya, Kamu mendapat 100% keuntungan.
  4. Tidak memerlukan keterampilan khusus bagi calon pegawai.
  5. Desain booth yang fresh dan elegan.
  6. Tersedia dukungan 24/7 untuk pelayanan terbaik terhadap mitra.

Jika kamu berminat dengan franchise Kopa Kopi, terdapat dua jenis paket yang tersedia untuk Kamu pilih, yakni Paket Simple dengan harga Rp 17,8 juta dan Paket Exclusive dengan harga Rp 21,5 juta.

Kopi Nako

Kopi Nako telah berdiri sejak 2016 dibawah naungan Kanma Group. Coffee shop yang satu ini merupakan bagian dari WarungNAKO,  toko nasi yang mengusung konsep urban dan sustainable. Namun, seiring dengan berjalannya waktu Kanma Group memutuskan untuk bisa lebih fokus juga terhadap Kopi Nako karena pada akhirnya, banyak peminatnya. Bagaimana tidak? Harga kopinya saja bisa dihitung terjangkau, yaitu kisaran 15 ribuan sampai dengan 45 ribuan saja.

Karena permintaan yang tinggi juga terhadap bisnis Kopi Nako, sekarang ini mereka membuka kemitraan dalam bentuk franchise. Tidak ada informasi resmi terkait dengan biayanya. Namun, kamu bisa menghubungi pihak Kopi Nako melalui laman Instagram resminya di @kopinako.

Kopi Chuseyo

Mau mengincar target marketing anak muda jaman sekarang yang suka serba K-Pop? Kopi Chuseyo adalah pilihan yang paling jitu. Tidak dipungkiri memang, anak muda yang suka K-Pop di Indonesia ini sangat banyak. Melihat potensi itu, mereka pun juga suka yang berbau-bau dengan Korea, maka Kopi Chuseyo yang mengusung serba idol Korea untuk semua gerainya ini memberikan peluang usaha juga untuk kemitraan dalam bentuk franchise.

Modal minimal untuk franchise Kopi Chuseyo adalah Rp 255 juta untuk franchisenya.

Belikopi

Belikopi adalah pilihan yang sangat tepat untuk kamu yang ingin konsep kopi kekinian namun juga sepaket dengan menjual toast yang juga andalan dari Belikopi. Belikopi ini memiliki 74 outlet yang sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia, khususnya untuk Jawa Timur dan juga Jawa Tengah. Mereka menggunakan biji kopi lokal juga agar bisa ikut serta memajukan perekonomian petani di Indonesia.

Sayangnya, tidak ada informasi yang lengkap mengenai kemitraan dari Belikopi dalam bentuk francshise. Akan tetapi, kamu bisa menghubungi pihak Belikopi di https://belikopi.com/hubungi-kami/ .

Kokopi

Adalah sebuah coffee shop dengan konsep angkringan yang diusut oleh Coffeland Indonesia. Sebuah usaha yang dimulai di tahun 2018 ini memang sangat terkenal. Karena Coffeland Indonesia merupakan perusahaan yang telah beroperasi selama 10 tahun dengan konsep kerjasama untuk semua yang ingin menciptakan kedai kopi dan minuman cepat saji asli Indonesia.

Kokopi ini adalah besutannya. Tidak diketahui secara pasti untuk franchisenya. Namun, kamu bisa bertanya-tanya tentang Kokopi ini dengan Coffeland Indonesia di website resminya di https://coffeeland.co.id/

Arah Kopi

Arah Kopi adalah sebuah coffee shop yang membantah semua pernyataan tentang membuat coffee shop adalah membutuhkan modal yang mahal. Kedai Arah Kopi sudah ada 46 cabang dan mereka masih saja membuka sistem project patungan bisnis atau partnership.

Dengan begitu, tidak heran kalau Arah Kopi ini memiliki perkembangan yang begitu pesat. Dengan Arah Kopi yang memakai cara partnership untuk tiap-tiap cabang outlet yang dimilikinya, ini berarti tidak ada franchise fee atau tarif lisensi yang perlu dibayarkan oleh pihak yang akan membuka outlet baru.

Fore Coffee

Pernah dengan Fore Coffe? Salah satu outlet kopi ini terkenal dengan kopinya yang kualitas premium. Konsep dari bisnis ini pada awalnya memang grab and go. Tapi sekarang, Fore Coffe akan membuka kemitraan bagi siapa saja yang berminat.

Hanya dengan investasi kurang dari Rp 1 miliar, calon mitra Fore Coffee sudah mendapatkan beragam profit dari penjualan serta mendapatkan full service. Full service ini berupa alat mesin kopi serta peralatan lain, berikut dengan perizinan akan di urus semuanya oleh pihak Fore Coffe.

Coffee Toffee

Sekarang kita beralih ke Coffee Toffe. Coffee Toffee berdiri di hadapan sebuah minimarket di Surabaya. Pada tahun 2012, franchise ini berhasil memrakarsai gerakan bangga kepada kopi asli dari Indonesia. Hingga pada 2016, waralaba ini memperoleh Penghargaan Waralaba Indonesia (PWI) dengan kategori waralaba utama.

Konsepnya memang terkesan adalah coffee shop dengan konsep yang kekinian sekali. Maka tak heran jika beberapa outlet Coffe Toffee bangungannya sangatlah mewah dan juga arsitekturnya yang keren.

Bagi kamu yang berminat menjadi mitranya, Coffee Toffee memiliki sebagian paket kemitraan. Harga untuk mendapatkan franchise Coffee Toffee bisa di mulai dari Rp 500 juta hingga Rp 2,5 milyar.

Cetroo Coffee

Dan terakhir, ada Cetroo Coffee. Cetroo Coffee telah berdiri semenjak 2009. Usaha waralaba ini kini telah mempunyai outlet di banyak kota di Indonesia. Mulai dari kota yang ada di pulau Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, sampai bahkan ada Cetroo Coffee yang di buka di Nusa Tenggara. Kesuksesannya tersebut dikarenakan banyak sekali pebisnis yang berminat untuk pembukaan franchisenya karena Cetroo Coffee memiliki kopi dengan kualitas yang premium.

Untuk membuka franchise Cetroo Coffee memang butuh modal yang tidak sedikit. Untuk membuka franchise kopi dan boba ini, Kamu perlu menyiapkan dana sebesar Rp 148 juta, itu adalah harga yang diambil menurut informasi dari laman katalognya.

Perhatikan Ini Saat Memilih Franchise Kopi

Bagaimana dengan berbagai franchise kopi terlaris di Indonesia di atas? Menguntungkan semua bukan? Memang untuk masalah harga bisa kamu sesuaikan saja dengan budget kamu. Setidaknya itu adalah salah satu yang harus kamu perhatikan sebelum memilih franchise kopi. Bagaimana dengan tips yang lain?

Ada beberapa point yang perlu kamu perhatikan untuk memilih franchise kopi agar kamu bisa sukses, antara lain adalah:

Harga

Harga menjadi point utama yang harus kamu perhatikan. Jangan sampai kamu mengepaskan tabunganmu hanya untuk membeli franchise kopi saja. Sisakan setidaknya modal yang perlu untuk kamu lakukan lagi untuk dana cadangan atau untuk promosi yang lebih lagi. Walaupun memang, dari pihak pemilik pastinya akan memberikan fasilitas berupa promosi.

Citra Produk

Perhatikan lagi, apakah franchise kopi memiliki citra produk yang baik atau tidak? Riset secara mendalam tentang berbagai menu yang ada pada satu franchise kopi yang mungkin kamu minati. Jika citra produknya terbilang bagus dengan kualitas terjamin dan tidak ada masalah dalam bahan pembuatannya, berarti itu aman.

Legalitas

Legalitas bisnis usaha adalah pokok dari identitas perusahaan di mana dalam semua komponennya telah memiliki izin tata tertib yang sah agar melanjutkan kelangsungan usaha yang aman. Konsumen ataupun pihak ketiga yang berkeinginan bekerjasama selalu memerlukan bukti kelegalan usaha. Jadi, pastikan franchise itu terdaftar secara legal di mata hukum Indonesia, ya!

Fee dan Royalti

Franchise fee ialah biaya awal yang mesti dibayarkan oleh seorang franchisee kepada franchisor sebelum mengawali bisnis waralaba. Sedangkan untuk royalty fee ialah biaya yang mesti dibayarkan dalam bentang waktu tertentu yang sudah diatur setelah bisnis franchise berjalan.

Perhatikan point itu, jika memang fee dan royalty tidak dibutuhkan, maka itu adalah keuntungan bagi kamu. Tapi, sebagian besar pasti mematoknya. Jika franchise fee dan juga royalty fee nya lebih rendah dari omset yang dijanjikan, tanpa membebani kamu, kenapa tidak?

Pahami Resiko Bisninya

Dan yang terakhir, adalah paham tentang resiko bisnisnya. Karena disini, kita berbicara bisnis. Tidak selamanya bisnis itu bisa sukses, tapi terkadang bisnis juga ada yang gagal. Jika kamu paham akan resikonya, jika kamu suatu saat gagal, evaluasi diri lagi dengan bisnis yang akan kamu bangun.

Login / Daftar B2C

Login B2B / Daftar B2B